Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati  yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kel. 257  di desa Kertasari mulai melaksanakan program kerjanya dengan memperkenalkan Metode Bermain dan Bernyanyi Tradisional “Kaulian Zaman Bahuela” (Kalibala), Rabu (08/02).

20140601214319_img_8451

Ditengah maraknya penggunaan Gadget di kalangan anak-anak, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati  Bandung,  memberikan Metode bermain dan bernyanyi Tradisional kepada anak-anak Kampung Parabon Kelurahan Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

20140601215048_img_8460

Berbeda dengan kebanyakan anak-anak zaman sekarang yang lebih banyak memegang Gadget dari pada bermain dan beraktivitas diluar, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati  Bandung Agustia Ningsih atau biasa dipanggil Tia bersama dengan mahasiswa KKN lainnya, memilih mengajarkan anak-anak tersebut dengan metode bermain dan bernyanyi Tradisional, menggunakan lagu nasional dan sunda yang notabene mereka belum banyak yang hafal lagu tersebut.

20140601215310_img_8462

Tia Mengatakan, metode bermain ini dilakukan agar anak-anak cinta terhadap kebudayaan Indonesia yang nilai keseniannya selalu menurun akibat perkembangan zaman, selain itu metode bermain dan bernyanyi kalibala ini juga juga melatih fisik dan keterampilan mereka.

“Kami berharap dengan datangnya kami di Desa Kertasari, Kabupaten Cianjur ini dapat memberikan angin segar serta mampu menumbuhkan dan melestarikan permainan Tradisional Indonesia”. (Mimin).

Iklan